EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri di Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong

Hamdiah, Hamdiah (2015) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri di Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I - VI.pdf

Download (729kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Hamdiah, S.Ag: Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri di Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong., di bawah bimbingan (I) Dr. H. Hidayat Ma’ruf, M.Pd (II) Dr. Dina Hermina, M.Pd Tesis, Pada Program Pascasarjana Konsentrasi Pendidikan Agama Islam IAIN Antasari Banjarmasin, 2014. Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam. Studi dalam penelitian ini adalah mengenai Kompetensi Pedagogik guru pendidikan agama Islam pada SMP Negeri di kecamatan Haruai. Penelitian ini beranjak dari pengamatan awal penulis dan informasi dari beberapa informan bahwa guru Pendidikan Agama Islam masih minim dalam hal penguasaan kompetensi pedagogik hal itu ditandai dengan : Guru masih belum maksimal dalam memahami kondisi peserta didik, Perencanaan pembelajaran yang belum maksimal, Pelaksanaan pembelajaran yang belum optimal. Evaluasi hasil belajar yang tidak dilaksanakan secara menyeluruh. Belum optimalnya pengembangan peserta didik . Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara guru pendidikan agama Islam pada SMPN di kecamatan Haruai Kab. Tabalong dalam memahami peserta didik yang meliputi : tingkat kecerdasannya, kreatifitas, cacat fisik, dan perkembangan dan pertumbuhan kognitif. (2)Bagaimana kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang meliputi : identfikasi kebutuhan, perumusan kompetensi dasar dan penyusunan program pembelajaran. (3)Bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi kemampuan melakukan pre tes, proses, dan post tes. (4)Bagaimana kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar yang meliputi : Tes kemampuan dasar, Penilaian akhir satuan pendidikan, Penilaian program dan penilaian kelas. (5) Bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan peserta didik yang meliputi : kegiatan ekstra kurikuler, pengayaan, remedial dan bimbingan konseling. Metode yang dipakai dalam analisis data ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan dalam penarikan kesimpulan menerapkan metode induktif yaitu menggunakan data-data yang bersifat umum kemudian dibuat kesimpulan yang bersifat khusus. Analisis ini digunakan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam memahami kondisi peserta didik, penerapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru dalam bidang pemahaman terhadap peserta didik terlihat sudah maksimal. Perencanaan pembelajaran Agama Islam terkait dengan kompetensi pedagogik sudah dilakukan dengan semaksimal mungkin. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi pre test, proses dan post test sudah dilakukan dengan maksimal. Evaluasi hasil belajar terhadap pendidikan Agama Islam terkait dengan kompetensi pedagogik sudah dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Pengembangan peserta didik yang dilakukan guru sebagi bagian dari kompetensi pedagogik diusahakan oleh guru PAI dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 07 Aug 2015 06:41
Last Modified: 07 Aug 2015 06:41
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item