EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN METODE RESITASI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANJARMASIN

Rafi'i, Muhammad (2014) PENERAPAN METODE RESITASI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (143kB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Rafi’e. 2014. Skripsi.PenerapanMetodeResitasiPadaPendidikan Agama Islam DalamMeninggkatkanMinatSiswakelas VIII SMP Negeri 16 Banjarmasin.JurusanPendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyahdanKeguruan. Pembimbing: Dr. HairulHudaya, M.Ag PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetoderesitasidalamPendidikan Agama Islam siswakelas VIII SMP Negeri 16 Banjarmasin danMinatsiswadalampengajaran PAI denganmenggunakanmetoderesitasi di SMP Negeri 16 Banjarmasin. Metoderesitasiadalahmetodepenyajianbahandimana guru memberikantugastertentu agar siswamelakukankegiatanbelajar.Tugas yang diberikankepadasiswadapatdilakukan di kelas, di halamansekolah, di laboratorium, di perpustakaan, dirumahsiswaataudimanasajaasaltugasitudapatdikerjakan. Penelitianiniadalahpenelitianlapangandenganpendekatanseluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 16 Banjarmasin denganperincian 68 untuksiswalaki-lakidan 56 orang untuksiswaperempuandan guru matapelajaran PAI. Denganteknikpengumpulan data melaluiobservasi, angket, wawancaradandokumenter.Data yang diperolehdariresponden, informan, dandokumenkemudiandiolahdengan editing, koding, tabulating, interpretasi data, klasifikasi data danselanjutnyadianalisasecaradeskriptifkualitatifmenggunakanmetodeinduktif. Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwa: 1) Penerapanmetoderesitasidalampembelajaran PAI dilaksanakanketika guru selesaimenyampaikanmateripelajaran PAI kepadasiswa, kemudian guru memberikantugas-tugastertentukepadapesertadidikuntukdikerjakan diluar jam pelajaran, baikitudilaksanakan di kelas, perpustakaan, dirumahataupundimanasaja yang pentingsuasanatempattersebutkondusif. Tugas-tugas yang diberikan guru tersebutdapatdikerjakansecara individual maupunkelompoktergantungperintahdari guru yang bersangkutan.Kemudian, apabilatugas-tugastersebuttelahselesaidikerjakanolehsiswamakaharusdipertanggungjawabkan di depan guru untukdievaluasi, baikitudengancarasiswamajukedepanatau guru yang langsungmemeriksahasilbelajarnya. 2) MinatsiswadalammengikutipembelajaranPendidikan Agama Islam tergolongtinggi. MeskipunpendapatmerekabervariasitentangadanyametoderesitasidalampembelajaranPendidikan Agama Islam namunmerekabanyak yang menyukaipelajarantersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 07 Aug 2015 04:22
Last Modified: 07 Aug 2015 04:22
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item