EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KUIS TIM DAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VII MTs KEBUN BUNGA

Hidayat Armas, Akhmad Nur (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KUIS TIM DAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VII MTs KEBUN BUNGA. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (140kB) | Preview

ABSTRAK

Akhmad Nur Hidayat Armas. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI dengan Menggunakan Strategi Kuis Tim dan Teka-teki Silang pada Siswa Kelas VII MTs Kebun Bunga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing Dra. Hj. Rusdiana Hamid, M. Ag. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menerapkan strategi kuis tim dan teka-teki silang pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. Permasalahan yang akan dicarikan pemecahannya dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana efektifitas penerapan strategi kuis tim dan teka-teki silang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Kebun Bunga. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VII terdiri dari 31 orang dengan komposisi 18 laki-laki dan 13 perempuan serta satu orang observer. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian tindakan kelas ini, menggunakan prosedur penelitian yang mencakup beberapa jenjang yakni perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus sesuai keperluan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa, kegiatan guru dalam proses belajar mengajar (PBM) berhasil dengan baik. Dimana presentase kegiatan guru dalam belajar mengajar (KBM) siklus I adalah 80% dan siklus II 93,33%. Kemudian aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga semakin meningkat, pada siklus I adalah 74% dan siklus II 84%, begitu pula pada tes hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 6,87 dan siklus II 7,32. Hasil ini memenuhi syarat ketuntasan minimal yang ditetapkan pelajaran SKI yakni 7,0. Sikap siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif menunjukkan apresiasi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Sikap siswa 80,6% sangat setuju, 13,4% menyatakan setuju, 3,3% kurang setuju, dan 2,7% menyatakan tidak setuju, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI pada siswa kelas VII MTs Kebun Bunga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 07 Aug 2015 04:22
Last Modified: 07 Aug 2015 04:22
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item