EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Lamsiah, Lamsiah (2014) Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK

Lamsiah. 2014. Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 dan tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 lebih efektif digunakan pada materi kesebangunan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis PreExperimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan IX B dengan teknik sampling jenuh. Kelas IX A menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 dan kelas IX B tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4. Materi yang diajarkan adalah kesebangunan. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai raport kelas VIII semester II. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas pada tes akhir yang diajar menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 adalah 72 berada pada klasifikasi efektif dan tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 adalah 58 berada pada klasifikasi cukup efektif. Selanjutnya data dianalisis dengan uji t, diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 dan tanpa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4. Sehingga Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 lebih efektif digunakan pada materi kesebangunan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 dapat dijadikan sebagai variasi dalam mengajar matematika karena lebih efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS4 juga dapat dijadikan alternatif variasi dalam pembelajaran geometri.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:17
Last Modified: 06 Aug 2015 05:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item