EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran IPA di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara

Fathimatuz, Zahra (2015) Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran IPA di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (281kB) | Preview

ABSTRAK

Fathimatuz Zahra. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran IPA di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah, S. Pd., MS. Kata Kunci: Media Realia, Hasil Belajar, IPA Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, karena media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Media realia merupakan salah satu media yang sangat cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, karena media realia merupakan media nyata dan ada di sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan untuk mengetahui apakah penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Kelas II B sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media realia) dan kelas II A sebagai kelompok kontrol (menggunakan buku teks). Materi yang diajarkan adalah macam-macam energi dengan sub bahasan energi listrik dan energi panas. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pre-test dan nilai post-test sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPA di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hasil belajar kelompok eksperimen meningkat 14,35 dari nilai rata-rata pre-test 65,87 menjadi 80,22 pada nilai rata-rata post-test, sedangkan hasil belajar kelompok kontrol hanya meningkat sekitar 4,43 dari nilai rata-rata pre-test 64,42 menjadi 68,85 pada nilai rata-rata post-test. Penggunaan media realia juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPA di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang selisihnya sebesar 11,37. Hal ini menandakan media realia dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:17
Last Modified: 06 Aug 2015 05:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item