EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MIN Bawan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Maslian, Saleh (2015) Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MIN Bawan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (683kB) | Preview

ABSTRAK

Maslian. 2013. Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MIN Bawan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Salamah, M.Pd Kata Kunci: Kosakata, Realia, Bahasa Inggris Saat ini kebanyakan guru mengajarkan kosakata bahasa Inggris lebih banyak menggunakan metode konvensional, hanya menyebutkan kosakata dan langsung mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia, hal ini sangat bertentangan dengan teori Piaget yang mengatakan bahwa pola pikir anak usia 7-13 tahun masih berada dalam tahap operasional konkrit. Penggunaan media yang sesuai dengan pola pikir anak sangat diperlukan guna meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Media realia merupakan salah satu media yang sangat cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran kosakata, karena media realia merupakan media nyata dan ada disekitar anak didik serta sesuai dengan pola pikir mereka yang masih pada tahap operasional konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media realia dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dan untuk mengetahui bagaimana penerapan media realia yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris yang dipelajari siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN Bawan. Kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dengan penggunaan media realia dalam pembelajaran dan kelas IV A sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Materi yang diajarkan adalah things in the classroom dan kinds of colours. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hasil belajar kelompok eksperimen meningkat dari nilai rata-rata pretest 62,185 menjadi 80,29 pada nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelompok kontrol hanya meningkat sekitar 3,845 dari rata-rata pretest 61,185 menjadi 65,03 pada rata-rata nilai posttest. Selain itu pada proses pembelajaran berlangsung, kelompok eksperimen lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menandakan

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:17
Last Modified: 06 Aug 2015 05:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item