EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVA MIN MODEL TAMBAK SIRANG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Junaidi, Junaidi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVA MIN MODEL TAMBAK SIRANG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview

ABSTRAK

Junaidi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model PAKEM pada Pembelajaran IPA di Kelas IVA MIN Model Tambak Sirang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Penelitian Tindakan Kelas, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, S.Ag., .Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Model PAKEM Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVa MIN Model Tambak Sirang Kecamatan Gambut dalam mata pelajaran IPA khususnya pada materi Gaya membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PAKEM. Yang menjadi masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar terhadap pembelajaran materi Gaya dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi Gaya dengan menggunakan model PAKEM. Penelitian ini berlokasi di MIN Model Tambak Sirang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, tahun pelajaran 2013/2014 semester 2 dengan subyek penelitian siswa kelas IVa yang berjumlah 19 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan bahwa penerapan model PAKEM dalam mata pelajaran IPA di kelas IVa MIN Model Tambak Sirang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari: (a) aktivitas guru terhadap pembelajaran materi Gaya pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model PAKEM pada kelas IVa MIN Model Tambak Sirang Kecamatan Gambut berjalan dengan sangat baik sesuai dengan yang direncanakan oleh guru. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti yaitu dari rata-rata 81,67% (baik) pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi rata-rata 93,33% (sangat baik) pada pertemuan kedua siklus II; (b) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 25% dari skor rata-rata 67,50% (aktif) pada pertemuan pertama siklus I meningkat 92,50% (sangat aktif) pada pertemuan kedua siklus II; (c) peningkatan hasil tes belajar siswa terhadap materi Gaya sebesar 19,48 poin yaitu dari nilai rata-rata 65,26 dengan ketuntasan belajar sebesar 52,63% pada pertemuan pertama siklus I meningkat menjadi 84,74 pada pertemuan kedua siklus II dengan ketuntasan belajar sebesar 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:16
Last Modified: 06 Aug 2015 05:16
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item