EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan hasil belajar membaca peta mata pelajaran IPS Melalui model pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MIN Rumpiang Kabupaten Banjar

Ahmad, Sofia (2015) Meningkatkan hasil belajar membaca peta mata pelajaran IPS Melalui model pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MIN Rumpiang Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (491kB) | Preview

ABSTRAK

Ahmad Sofia. 2014. Meningkatkan hasil belajar membaca peta mata pelajaran IPS Melalui model pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MIN Rumpiang Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi,S.Ag.,M.Pd Kata kunci: Hasil belajar membaca peta, Model Pembelajaran Jigsaw, Pembelajaran IPS membaca peta Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Membaca peta kelas VI MIN Rumpiang Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1, dan siklus 2 terdiri atas satu kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Rumpiang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran IPS materi Peta yang dilaksanakan dikelas VI MIN Rumpiang Kabupaten Banjar dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa, peningkatan keaktifan siswa pada aspek perhatian siswa, kemauan bertanya, partisipasi dalam kelompok, antusiasme dalam mengerjakan tugas, bekerjasana dalam kelompoknya mengalami peningkatan yang baik jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelum tindakan kelas ini dilaksanakan, yaitu (1)Aktivitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar melalui penerapan Model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Peta berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana, karena setiap akhir pembelajaran selalu diadakan refleksi untuk diadakan perbaikan. Aktivitas Guru sudah mampu dilaksanakan yaitu dari 70,37% pada pertemuan siklus pertama menjadi 85,19% pada pertemuan siklus II.(2) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari skor rata-rata 66,00% (aktif) pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi 86,00% (sangat aktif) pada pertemuan siklus II.(3) Tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan membaca peta siswa pada mata pelajaran IPS melalui Model pembelajaran Jigsaw di kelas VI MIN Rumpiang dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran tercapai. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa dan kemampuan siswa membaca peta menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:16
Last Modified: 06 Aug 2015 05:16
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item