EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektivitas Pemanfaatan Nomograf dan Batang Napier sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Juhrani, Burhan (2015) Efektivitas Pemanfaatan Nomograf dan Batang Napier sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (963kB) | Preview

ABSTRAK

Juhrani. 2014. Efektivitas Pemanfaatan Nomograf dan Batang Napier sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Seri Ningsih,M.Pd Kata Kunci: nomograf, batangnapier Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil nilai ulangan bulanan matematika siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin yang berada dibawah criteria ketuntasan minimal (KKM), sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan keterampilan berhitung baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian terutama pada operasi bilangan negatif. Hal ini disebabkan dari teknik perhitungan yang diberikan umumya masih menuntut siswa untuk berpikir secara abstrak dan masih menggunakan media sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media nomograf dan batang napier dengan siswa yang tanpa menggunakan media tersebut dan apakah penggunaan media nomograf dan batang napier ini lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode eksperimen. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen sedangkan VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang diajarkan menggunakan media nomograf dan batang napier memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media tersebut dan thitung= 4,105>2,02 = ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak atau ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media nomograf dan batang napier dan siswa yang diajar dengan tanpa menggunakan media tersebut. Pembelajaran menggunakan media nomograf dan batang napier lebih efektif daripada tanpa menggunakan media tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:15
Last Modified: 06 Aug 2015 05:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item