EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI KARYA SENI RUPA MURNI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV MI DARUL AMAN KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT

Noor, Aina (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI KARYA SENI RUPA MURNI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV MI DARUL AMAN KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (505kB) | Preview

ABSTRAK

Noor ‘Ain; 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Materi Karya Seni Rupa Murni Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV MI Darul Aman Kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Banjarmasin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas belajar, strategi pembelajaran Index Card Match Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II pada MI Darul Aman Bati-Bati untuk mata pelajaran SBK dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Aman Bati-Bati pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 21 orang, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II sebesar 80% menjadi 93%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 72% pada pertemuan 1 siklus I dan 82% pada pertemuan 2, kemudian meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85% dan pertemuan 2 sebesar 96%. (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I yang tuntas hanya 62% meningkat menjadi 88% pada siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:14
Last Modified: 06 Aug 2015 05:14
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item