EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Implementasi Hitung Bini pada Pembelajaran Berhitung di Kalangan Warga Keaksaraan Fungsional Budi Mulia di Desa Bakapas Kecamatan Barabai

Wardatul, Baidha (2015) Implementasi Hitung Bini pada Pembelajaran Berhitung di Kalangan Warga Keaksaraan Fungsional Budi Mulia di Desa Bakapas Kecamatan Barabai. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview

ABSTRAK

Wardatul Baidha. 2015. Implementasi Hitung Bini pada Pembelajaran Berhitung di Kalangan Warga Keaksaraan Fungsional Budi Mulia di Desa Bakapas Kecamatan Barabai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr.Hj.Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd. Dalam mengembangkan kemajuan warga belajar, pendidikan kekasaraan fungsional sangat penting. Pendidikan keaksaraan fungsional adalah program pengembangan kemampuan seseorang dalam menguasai dan menggunakan keterampilan membaca, menulis dan menghitung. Salah satu kemampuan yang ingin dicapai dalam pendidikan keaksaraan fungsional adalah kemampuan berhitung dan dalam masyarakat Banjar ada salah satu cara berhitung cepat yang dinamakan Hitung Bini. Cara ini bisa diterapkan pada operasi hitung matematika seperti, penjumlahan, pegurangan, perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pendidikan keaksaraan fungsional Budi Mulia, implementasi Hitung Bini dan kendala-kendala dalam pengimplementasian Hitung Bini pada pembelajaran berhitung di kalangan warga belajar di pendidikan keaksaraan fungsional Budi Mulia di desa Bakapas Kecamatan Barabai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriftif kualitatif Subyek dalam penelitian ini adalah 1 tutor berhitung dan 20 warga belajar, sedangkan obyeknya adalah implementasi pendidikan keaksaraan fungsional Budi Mulia, implementasi Hitung Bini dan kendala-kendala dalam pengimplementasian Hitung Bini pada Pembelajaran berhitung di kalangan warga keaksaraan fungsional di Desa Bakapas Kecamatan Barabai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran keaksaraan fungsioanal Budi Mulia dilaksanakan di rumah ketua penyelenggara dan menghasilkan kesepakatan antara tutor dan warga belajar, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan tanpa ada target waktu asalkan materi telah selesai disampaikan maka warga belajar dapat naik ke tingkat selanjutnya dan evaluasi dilaksanakan jika materi telah selesai disampaikan. Proses pembelajaran berhitung di PKF Budi Mulia menggunakan hitungan tradisional yang dikenal dengan istilah Hitung Bini yang merupakan hitung kira-kira atau perkiraan. Kendala dalam pengimplementasiaan Hitung Bini, pertama kemampuan tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua, faktor usia dari warga belajar. Ketiga, daya pikir dan daya ingat dari para warga belajar yang berbeda-beda. Keempat, latar belakang sosial (pekerjaan) dari para warga belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:13
Last Modified: 06 Aug 2015 05:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item