EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan di SMP/MTs Kelas IX

Norlatifah, Asy’ari (2015) Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan di SMP/MTs Kelas IX. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (875kB) | Preview

ABSTRAK

Norlatifah. 2014.Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Adobe Flash CS4 pada Materi Kesebangunan di SMP/MTs Kelas IX. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Juhriyansyah Dalle, S.Pd.,S.Si.,M.Kom.,Ph.D. Pengembangan media pembelajaran yang baik, inovatif dan menambah daya tarik siswa serta memotivasi siswa dalam memahami materi kesebangunan sangatlah penting. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan menggunakan Adobe Flash CS4 pada materi Kesebangunan di SMP/MTs kelas IX yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Pengembangan multimedia ini mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development and Production, Implementation, Evaluation), yang meliputi 5 tahap yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan dan Produksi (Development and Production), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXG sebanyak 31 siswa dan satu orang guru matematika di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket ahli materi dan media, serta respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalahpenilaian dari ahli materi diperoleh rata-rata skor kevalidan mencapai 3,64 yang termasuk kategori valid serta rata-rata skor kevalidan oleh ahli media mencapai 3,94 yang termasuk kategori valid. Sehingga multimedia tersebut layak untuk diujicobakan di lapangan. Dari hasil penilaian uji coba dapat diketahui guru merespon positif dengan pencapaian persentase sebesar 88,41% yang termasuk dalam kategori sangat positif dan siswa merespon positif dengan pencapaian persentase sebesar 79,14% yang termasuk dalam kategori positif. Jadi, secara keseluruhan berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media serta respon guru dan siswa. Maka Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Adobe Flash CS4 pada materi kesebangunan di SMP/MTs kelas IX layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Produkmultimediainidapatmembantudan mempermudah siswadalam belajarmateri kesebangunan.Sehingga penting dilakukan kajian lanjut terhadap produk multimedia ini baik dengan melakukan uji efektifitas maupun dengan menerapkannya secara lebih luas agar multimedia ini lebih berdaya guna dan dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:13
Last Modified: 06 Aug 2015 05:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item