EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Partisipasi Orangtua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Siti, Normahmudah (2015) Partisipasi Orangtua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (226kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Normahmudah. 2013. Partisipasi Orangtua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd. (II) Drs. H. Mujiansyah, M.Pd., Penelitian ini mengemukakan tentang partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, studi pada MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apa saja bentuk partisipasi orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua atau wali yang menyekolahkan anaknya di MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tahun ajaran 2012/2013. Subjek tersebut penulis batasi hanya pada orang tua siswa yang anaknya mengalami peningkatan hasil belajar secara terus menerus selama beberapa tahun ajaran yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada akhir semester dan raport yang seluruhnya berjumlah 7 orang siswa. Dengan demikian penulis menjadikan 7 keluarga (7 orang tua) baik ayah, ibu atau wali siswa yang anaknya mengalami peningkatan prestasi belajar tersebut. Adapun objek dalam penelitian ini adalah partisipasi orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Selanjutnya semua data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kemudian diberikan kesimpulan dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diberikan simpulan bahwa partisipasi orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dapat dikatakan telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat terdiri dari: a) memberikan nasehat tentang belajar pada anak; b) menyuruh anak untuk selalu belajar; c) membantu anak dalam kesulitan belajar; d) memeriksa dan membimbing tugas/pr yang diberikan guru; e) memberikan perhatian anak belajar di rumah; f) memperhatikan cara belajar anak di rumah; g) memberikan rewards and punishment; dan h) menyediakan fasilitas belajar bagi anak. Hal ini dipengaruhi oleh bebeapa faktor seperti latar belakang pendidikan orangtua yang cukup tinggi, keadaan ekonomi orangtua yang termasuk kategori menengah, penyediaan waktu oleh orangtua yang cukup terhadap anak-anaknya dalam bimbingan belajar, jumlah anggota keluarga yang tidak banyak, dan kesadaran orangtua yang cukup baik dalam bimbingan belajar anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:13
Last Modified: 06 Aug 2015 05:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item