EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Metode Pembelajaran Alquran pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Khaidir, Mansur (2015) Metode Pembelajaran Alquran pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (605kB) | Preview

ABSTRAK

Khaidir Mansur, 2015. Metode Pembelajaran Alquran pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.Jurusan PendidikanAgama Islam, FakultasTarbiyahdanKeguruan. Pembimbing: Dra. Rusdiah, M.Ag. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 pada Mata Pelajaran PAI diadakan pembelajaran Alquran yang bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada siswa agar bisa membaca Alquran. Dalam kenyataannya, sebagian siswa di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 belum bisa membaca Alquran dan ada yang belum mengenal huruf hijaiyyah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Alquran di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan metode pembelajaran Alquran di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan metode pembelajaran Alquran di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah tentang metode pembelajaran Alquran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi kognitif, yaitu suatu pendekatan yang meliputi aspek-aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik dari segi fisik maupun psikisnya, yang berhubungan dengan perilakunya di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui proses editing, Koleksi, dan pengklasifikasian data. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lalu, disimpulkan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 2 di antaranya adalah metode Qiroati, metode demonstrasi dan metode latihan (drill). 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode pembelajaran Alquran adalah Pertama, waktu pembelajaran yang tidak memadai. Kedua, guru pembelajaran Alquran yang kurang mendukung. Ketiga, lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Keempat, kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:13
Last Modified: 06 Aug 2015 05:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item