EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada Materi Dimensi Tiga di Kelas X MAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/12014

Ryan, Faisal (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada Materi Dimensi Tiga di Kelas X MAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/12014. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview

ABSTRAK

Ryan Faisal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada Materi Dimensi Tiga di Kelas X MAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/12014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Muhammad Amin Paris, S.Pd., M.Si. Bentuk adaptasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang lebih praktis dan mudah adalah Jigsaw II. Jigsaw II dapat digunakan apabila materi yang akan dipelajari adalah yang berbentuk narasi tertulis. Metode ini paling sesuai untuk subjek-subjek seperti pelajaran ilmu sosial, literatur, sebagian pelajaran ilmu pengetahuan ilmiah, dan bidang-bidang lainnya yang tujuan pembelajaran lebih kepada penguasaan konsep daripada penguasaan kemampuan. Kunci metode Jigsaw II ini adalah interdependensi: tiap siswa bergantung pada teman satu timnya untuk dapat memberikan informasi yang diperlukan supaya dapat berkinerja baik saat penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan model konvensional pada materi Dimensi Tiga di kelas X MAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Barabai tahun pelajaran 2013/2014 yang dibagi menjadi dua kelompok atau dua kelas. Yaitu kelas eksperimen (kelompok uji coba) dan kelas kontrol (kelompok kendali).Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II di kelas eksperimen dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, diperoleh harga ttabel = 2.022 , -ttabel = -2.022 dan thitung = -0.1616. Karena -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, maka H1 ditolak dan H0 diterima, kemudian disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan model konvensional pada materi Dimensi Tiga di kelas X MAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:13
Last Modified: 06 Aug 2015 05:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item