EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Kelas IV MI Al-Muhajirin

Istiyati, Mahmudah (2015) Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Kelas IV MI Al-Muhajirin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (718kB) | Preview

ABSTRAK

Istiyati, Mahmudah, 2015, Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Kelas IV MI Al-Muhajirin. Skripsi. IAIN Antasari. Pembimbing; Drs. H. Mujiansyah, M.Pd Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Fiqih. Motivasi dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini kuantitatif untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fiqih MI Al-Muhajirin. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Al-Muhajirin? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Al-Muhajirin? (3) Apakah terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Al-Muhajirin?. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi, subjek penelitian sebanyak 38 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data motivasi belajar dan prestasi belajar fiqih diperoleh melalui dokumen nilai raport. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa: (1) Motivasi belajar intrinsik siswa Kelas IV MI Al-Muhajirin pada mata pelajaran fiqih memiliki motivasi belajar intrinsik yang kuat/tinggi dengan diperoleh rata-rata sebesar 49,11, rata-rata itu termasuk dalam interval (44 – 50). Motivasi belajar ekstrinsik siswa Kelas IV MI Al-Muhajirin pada mata pelajaran fiqih memiliki motivasi belajar ekstrinsik yang kuat/tinggi dengan diperoleh rata-rata sebesar 39,47, rata-rata itu termasuk dalam interval (36 – 43). (2) Mayoritas nilai rata-rata prestasi belajar fiqih siswa Kelas IV MI Al-Muhajirin termasuk dalam tingkat kualifikasi tinggi berdasarkan hasil perhitungan penelitian sebanyak 38 siswa, berada pada jumlah nilai rata-rata 86,63, rata-rata itu termasuk dalam interval (81 – 92). (3) Terdapat korelasi yang positif yang tergolong kuat sehingga ada korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fiqih kelas IV MI Al-Muhajirin. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan: (a) Korelasi X1 dengan Y tergolong sangat kuat yaitu 0,995 yang terletak pada 0,80 – 1,00. (b) Korelasi X2 dengan Y tergolong sangat kuat yaitu 0,992 yang terletak pada 0,80 – 1,00. (c) Korelasi X1 dengan X2 tergolong sangat kuat yaitu 0,996 yang terletak pada 0,80 – 1,00. (d) Nilai koefisien korelasi ganda dengan hasil angka 0,995.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 05 Aug 2015 03:15
Last Modified: 05 Aug 2015 03:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item