EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Motivasi Belajar Mahasiswa Berprestasi dalam Organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015

Arbainah, Supiani (2015) Motivasi Belajar Mahasiswa Berprestasi dalam Organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (221kB) | Preview

ABSTRAK

Arbainah, 2015, Motivasi Belajar Mahasiswa Berprestasi dalam Organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015, Skripsi, Banjarmasin, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Faridah M.Ag, Pembimbing: (II) Dra. Mulyani, M. Ag. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Mahasiswa Berprestasi, Organisasi Dema Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kegiatan mahasiswa selama kuliah, tidak hanya mendapatkan materi perkuliahan dari dosen lalu pulang, namun masih banyak kegiatan di luar yang dijalani dan dipelajari di kampus, yaitu mengikuti kuliah dengan baik, mencari dan membaca literatur, cara berdiskusi dengan teman, menjadi warga di kampus, dan menjadi anggota organisasi yang baik. Banyak aktivis karena menjadi anggota organisasi yang terlambat lulus dalam kuliahnya. Namun beranjak dari hal tersebut peneliti menemukan adanya kegiatan mahasiswa yang mampu menyeimbangkan berbagai kegiatan dengan baik, yaitu kuliah dengan kegiatan organisasi. Sehingga penulis tertarik menuangkannya dalam sebuah penelitian yang berjudul Motivasi Belajar Mahasiswa Berprestasi dalam Organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa berprestasi dalam organisasi dan faktor-faktor yang menjadi penyebab motivasi belajar mahasiswa berprestasi dalam organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknis analisis yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis tentang gambaran motivasi belajar mahasiswa berpestasi dalam organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015 dan faktor-faktor yang menjadi penyebab motivasi belajar mahasiswa berprestasi dalam organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang mahasiswa Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015. Berdasarkan hasil penelitian mengenai motivasi belajar mahasiswa berprestasi dalam organisasi Dema Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Tahun 2014-2015, maka diketahui bahwa: (1) motivasi belajar yang mereka miliki adalah tinggi, terbukti dari seluruh responden, secara umum para responden mengatakan perlu yang namanya motivasi belajar. Hal ini sesuai dengan tujuan apa yang ingin dicapai oleh para responden. (2) faktor-faktor yang menjadi penyebab motivasi belajar, yaitu: faktor internal, seperti kebutuhan, yaitu motivasi belajar yang kuat semua responden, dan cenderung tumbuh dari diri sendiri, serta sudah menjadi hal yang diprioritaskan semua responden. Dan faktor eksternal seperti rangsangan lingkungan tempat belajar di kampus, asrama, dan dirumah, baik dari dorongan teman, dosen, dan keluarga yaitu orang tua maupun saudara, dan motivasi yang sudah ada dalam dari sendiri dan orang lain, serta penguatan karena sudah mendapatkan nilai yang memuaskan dan di atas rata-rata.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 04 Aug 2015 08:01
Last Modified: 04 Aug 2015 08:01
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item