EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Integrasi Komponen Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas I SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin

Rabiatul, Adawiyah (2015) Integrasi Komponen Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas I SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (205kB) | Preview

ABSTRAK

Rabiatul Adawiyah, 2014,Integrasi Komponen Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas I SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin Pembimbing: Dr. Hj. SessiRewettyRivilla, M. M.Pd. Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang melibatkan anak-anak sebagai salah satu komponen utamanya , dimana dalam pembelajaran tersebut menuntut anak aktif dalam pembelajaran, guru hanya sebagai pembimbing, pemandu dan penasehat dalam proses pembelajaran tematik.. Sehingga penting untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Integrasi Komponen Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas I SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar matematika di kelas I dan objek adalah pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di kelas I SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inegrasi komponen matematika dalam pembelajaran tematik adalahperencanaan pembelajaran, guru selalu merivisi RPP jika ada hal-hal yang kurang sesuai untuk dilaksanakan. Adapun pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pendahuluan dimana guru memasuki kelas tepat waktu, mengabsen siswa, membahas PR dan melakukan pretest secara lisan. Adapun dalam kegiatan inti yaitu guru mengunakan pendekatan saintific dalam proses pembelajaran tematik. latihan soal, menyelipkan humor,, dan memutarmusik instrumental pada saat siswa mengerjakan latihan soal. Sedangkan kreativitas guru dalam kegiatan penutup, guru mengadakan post test, merangkum materi yang telah dipelajari bersama peserta didik, memberikan pekerjaan rumah, dan meminta peserta didik untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya. Evaluasi pembelajaran terdiri dari evaluasi kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Pada evaluasi kegiatan pembelajaran, guru merefleksi kegiatan pembelajaran ketika terdapat ketidaksesuaian dengan RPP dan mecari solusi untuk kegiatan pembelajaran yang akan datang. Adapun untuk evaluasi hasil belajar, guru mengadakan pretest pada kegiatan pendahuluan, latihan-latihan soal pada kegiatan inti, dan post test pada kegiatan penutup.Untuk penilaian selama proses pembelajaran, guru menggunakan penilaian Autentik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 05:26
Last Modified: 04 Aug 2015 05:26
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item