EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambu Raya Kabupaten Banjar.

Mariyatul, Kiptiyah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambu Raya Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (569kB) | Preview

ABSTRAK

Mariyatul Kiptiyah, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambu Raya Kabupaten Banjar. Skripsi, Program Peningkatan Kualifikasi S.1 Melalui Dual Mode System Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. Emroni, M. Ag. Kata kunci : Hasil belajar, Strategi Card Sort, IPS Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran pengetahuan sosial di madrasah sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa sangat rendah, baik pada proses maupun produk pelajarannya. Sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II pada MIN Jambu Raya pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah melalui strategi Card Sort. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kualitatif Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakaan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Jambu Raya pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus II sebesar 63,8% menjadi 85,4%, jika pada siklus I ada beberapa komponen siswayang harus ditingkatkan yaitu kemampuan melaksanakan perencanaan, maka pada siklus II komponen tersebut sudah aktif dilaksanakan; (2) aktivitas guru juga mengalami peningkatan, yang mana pada akhir siklus I hanya mendapat 69% meningkat menjadi 94,6% pada akhir siklus II, hal kurang mendapat perhatian guru adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut berperan aktif, tetapi pada akhir siklus II sudah terlaksana dengan sangat baik; (3) hasil belajar siswa secara individu pada akhir siklus I mencapai rata-rata 72,5 meningkat pada akhir siklus II menjadi 85,5 sedangkan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada akhir siklus I ketuntasan klasikal mencapai 72,5% yang mana belum bisa dikatakan tuntas karena belum mencapai ketuntasan 85,5% meningkat menjadi 100% pada akhir siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan strategi Card Sort dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V MIN Jambu Raya padamata pelajaran IPS, serta tingkat kemampuan kognitif anak sudah dapat diklasifikasikan sehingga memudahkan guru untuk membimbing siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 05:26
Last Modified: 04 Aug 2015 05:26
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item