EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengumpulan Dan Penyajian Data Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola

Husaini, Husaini (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengumpulan Dan Penyajian Data Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (406kB) | Preview

ABSTRAK

Husaini. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengumpulan Dan Penyajian Data Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd., (II) Dr. M. Sabirin, S.Pd, M.Si Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi pengumpulan dan penyajian data siswa kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VI MIS Asasussalam Desa Anjir Seberang Pasar Kabupaten Batola pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru teman sejawat dan kolaborator serta dilengkapi dengan data hasil dokumentasi. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengumpulan dan penyajian data dalam pembelajaran matematika, diperoleh hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah mempunyai pengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman, aktivitas dan hasil belajar sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat pada beberapa hal, yaitu kegiatan guru dalam pembelajaran meningkat dengan persentase 88,39% hingga 93,75%, dan meningkatnya aktivitas siswa dari persentase 66,07% hingga mencapai 75,00%, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 5,46 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 41,77% dan pertemuan kedua 6,0 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 66,67%. Kemudian meningkat pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 6,62 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 77,50% dan pada pertemuan kedua 7,04 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 100%. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar 6,0 dan syarat ketuntasan secara klasikal juga terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:53
Last Modified: 04 Aug 2015 04:53
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item