EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Masalah-masalah Sosial Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV MIS Al-Bustanussaniah Kecamatan Gambut

Kaspiani, Kaspiani (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Masalah-masalah Sosial Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV MIS Al-Bustanussaniah Kecamatan Gambut. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (396kB) | Preview

ABSTRAK

Kaspiani. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Masalah-masalah Sosial Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV MIS Al-Bustanussaniah Kecamatan Gambut, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, S.Ag., M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Sosial Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada materi Masalah-masalah Sosial membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok. Yang menjadi masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar terhadap pembelajaran materi Masalah-masalah Sosial dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MIS Al Bustanussaniyah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar terhadap pembelajaran materi Menaati Keputusan Bersama dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok Penelitian ini berlokasi di MIS Al Bustanussaniyah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan bahwa penerapan metode Diskusi Kelompok dalam mata pelajaran IPS di kelas IV MIS Al Bustanussaniyah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari: (a) aktivitas guru terhadap pembelajaran materi Masalah-masalah Sosial pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan oleh guru. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti yaitu dari rata-rata 75,20% (terlaksana dengan baik) pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi rata-rata 92,80% (terlaksana dengan sangat baik) pada pertemuan kedua siklus II; (b) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 28,67% dari skor rata-rata 62,67% (cukup aktif) pada pertemuan pertama siklus I meningkat 91,33% (sangat aktif) pada pertemuan kedua siklus II; (c) peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Masalah-masalah Sosial sebesar 10 poin yaitu dari nilai rata-rata 70,33 pada pertemuan pertama siklus I meningkat menjadi 80,33 pada pertemuan kedua siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:52
Last Modified: 04 Aug 2015 04:52
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item