EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung yang Melibatkan Berbagai Bentuk Pecahan Melalui Model Pembelajaran MakeaMatch di Kelas VI MIN Model Tambak Sirang Gambut

Anisah, Anisah (2015) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung yang Melibatkan Berbagai Bentuk Pecahan Melalui Model Pembelajaran MakeaMatch di Kelas VI MIN Model Tambak Sirang Gambut. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (179kB) | Preview

ABSTRAK

Anisah,2014,Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung yang Melibatkan Berbagai Bentuk Pecahan Melalui Model Pembelajaran MakeaMatch di Kelas VI MIN Model Tambak Sirang Gambut. Skripsi ini ditulis oleh Anisah jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah, pembimbing Dr. Syaifuddin Ahmad Husin, MA. Kata kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar,Make a Match. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mata pelajaran Matematika khususnya pada materi Operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan, membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match: Yang menjadi masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagai mana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar Matematika materi operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI A MIN Model Tambak Sirang Gambut terhadap pelajaran Matematika materi operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan. Penelitian ini berlokasi di MIN Model Tambak Sirang Gambut Kabupaten Banjar. Tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian siswa kelas VI A yang berjumlah 17 orang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus hanya 1 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Make a Matchdalam mata pelajaran Matematika di kelas VI A MIN Model Tambak Sirang Gambut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari: (a) aktivitas guru terhadap pembelajaran Matematika materi operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berjalan dengan sangat baik sesuai dengan yang direncanakan oleh guru. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti yaitu rata-rata 90% (terlaksana dengan sangat baik) pada pertemuan siklus 1, kemudian meningkat menjadi rata-rata 97,67% (terlaksana dengan sangat baik pada siklus 2. (b) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebasar 67,65% siswa sudah aktif pada siklus 1, meningkat menjadi 83,82% aktif pada siklus 2. (c) peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika materi operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu dari 58,82% tuntas pada siklus 1, meningkat menjadi 82,35% tuntas pada siklus 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:52
Last Modified: 04 Aug 2015 04:52
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item