EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NI’MATUL AZIZ JELAPAT 1 KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BATOLA

Mazhan, Mazhan PENERAPAN METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NI’MATUL AZIZ JELAPAT 1 KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BATOLA. Skripsi, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (395kB) | Preview

ABSTRAK

Penerapan metode Kisah bisa dijadikan sebagai salah satu alternativ metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Karena dalam metode Kisah para siswa dapat mengambil ibrah atau pelajaran dari kisah para Nabi atau orang-orang terdahulu, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madarasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Batola dan pemilihan Kisah yang baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madarasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Batola. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madarasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Batola. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madarasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Batola. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui proses editing, Koleksi, dan pengklasifikasian data. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lalu, disimpulkan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madarasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Batola tergolong baik. Hal ini dinilai dari penerapan; Penerapan metode kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak meliputi perencanaan (yaitu: menentukan materi, merumuskan indikator dan menyusun RPP), pelaksanaan (yaitu: menyiapkan materi dan mengembangkan materi ke dalam metode kisah) dan tujuan (yaitu agar peserta didik dapat lebih mudah memahami pelajaran tersebut dan menjadi lebih antusias serta bisa aktif selama proses pembelajaran). Dan pemilihan; Pemilihan kisah yang disampaikan guru Aqidah Akhlak mengacu pada; sumber kisah yang dipilih (yaitu: Alquran, Hadis, buku-buku kisah maupun kitab dan dari kisah guru-guru), nilai menceritakan kisah kepahlawanan para pahlawan Islami, mengajarkan sifat mulia para nabi dan raul serta para salafus shaleh dan nilai-nilai kebaikan dan keislaman dari kisah yang dipilih.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:19
Last Modified: 01 Jul 2015 06:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item