EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pola Pendidikan Agama Islam Di Kalangan Petani Di Desa Haruyan Seberang Kecematan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Agus, Salim (2015) Pola Pendidikan Agama Islam Di Kalangan Petani Di Desa Haruyan Seberang Kecematan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I skripsi AGUS SALIM.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV skripsi AGUS SALIM.pdf

Download (174kB) | Preview

ABSTRAK

Agus Salim. 2014. Pola Pendidikan Agama Islam Di Kalangan Petani Di Desa Haruyan Seberang Kecematan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Dra. Hj. Masyitah, M. Pd.I. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama anak, dalam hal ini orangtua bertanggung jawab penuh dalam memberikan pendidikan agama Islam kepada anak. Oleh karena itu sikap orang tua dalam mengajarkan pendidikan agama islam kepada anaknya sangat penting, sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, antara lain dari cara orang tua memberikan perlakuan kepada anak, cara memberikan hadiah dan hukuman, cara orang tua mewujudkan otoritas dan cara orang tua memberikan perhatian dan tanggapan terhadap keinginan anak. Dengan pola pendidikan agama Islam yang tepat ada kemungkinan pendidikan agama Islam berhasil di dalam keluarga sehingga dapat melahirkan generasi yang diharapkan. Berdasarkan pemikiran diatas, maka dilaksanakanlah penelitian dengan perumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana pola pendidikan agama Islam yang diterapkan orangtua kepada anak dikalangan keluarga petani di desa haruyan seberang kecematan haruyan kabupaten hulu sungai tengah serta faktor-faktor yang mempengaruhi orangtua dalam menerapkan pola pendidikan agama Islam terhadap anak didalam keluarga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pola yang diterapkan orangtua dalam mengajarkan penddikan agama Islam dalam keluarga serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi orangtua dalam menerapkan pola pendidikan agama Islam terhadap anak dikangan keluarga petani. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field Research yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif sedangkan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah orangtua yang berprofesi sebagai petani yang berjumlah 60 kepala keluarga. Dari hasil penelitian melalui pengumpulan data dilapangan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokomenter, dapat diambil kesimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam dikalangan keluarga petani di desa haruyan seberang, menggunakan berbagai macam pola yaitu pola otoriter, demokratis, dan permisif serta metode yang digunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, hukuman, pengawasan dan metode cerita. Adapun Pendidikan agama Islam yang diajarkan yaitu pendidikan aqidah, akhlak, ibadah seperti ibadah shalat, puasa, dan ibadah membaca Alquran. Hal ini dipengaruhi oleh faktor latar belakang pendidikan orangtua serta pengalaman yang cukup, kondisi hubungan orangtua dengan anak yang sangat mendukung, pengaturan waktu dan kerja sama yang baik antara kedua orangtua serta faktor lingkungan yang sangat menunjang tehadap proses pendidikan agama Islam didalam keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:51
Last Modified: 04 Aug 2015 04:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item