EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dala Meningkatkan Profesionalitas Diri di MAN 1 Martapura Kabupaten Banjar.

Fitriati, Fitriati (2015) Upaya Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dala Meningkatkan Profesionalitas Diri di MAN 1 Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (9kB) | Preview

ABSTRAK

Fitriati, 2014. Upaya Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dala Meningkatkan Profesionalitas Diri di MAN 1 Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Alfian Khairani, M. Pd. I Guru mempunyai peran strategis dalam rangka menyiapkan kader bangsa. Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu pendidikan. Oleh karena itu maka guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang potensial dibidang pembangunan bangsa dan Negara. Guru merupakan agen pembelajaran yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru haruslah menjadi professional person yang mentransfer ilmu kepada peserta didiknya. Penelitian ini mengemukakan tentang Upaya Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dalam meningkatkan Profesionalitas Diri di MAN 1 Martapura Kabupaten Banjar, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana model guru mata pelajaran rumpun PAI dalam meningkatkan profesionalitas diri dan Bagaimana strategi guru mata pelajaran rumpun PAI dalam meningkatkan profesionalitas diri di MAN 1 Martapura. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang guru mata pelajaran rumpun PAI.Adapun objek dalam penelitian ini adalah Bagaimana model guru mata pelajaran rumpun PAI dalam meningkatkan profesionalitas dan Bagaimana strategi guru mata pelajaran rumpun PAI dalam meningkatkan profesionalitas diri tersebut. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena sebenarnya. Adapun teknik pengolahan data adalah. Kemudian dianalisis data dengan menggunakan metode deskriptif dan disimpulkan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model guru mata pelajaran rumpun PAI di MAN 1 Martapura Kabupaten Banjar merupakan guru yang professional. Dari segi Excellent (keunggulan) guru mata pelajaran rumpun PAI disini sudah dikatagorikan baik, kemudian dari segi kemauan kuat guru juga sudah dikatagorikan baik, dan dari segi Ethical (watak) juga dikatagorikan baik. Adapun strategi guru mata pelajaran rumpun PAI dalam meningkatkan professional sudah mengikuti sertifikasi dan mengikuti banyak kegiatan pelatihan lain untuk meningkatkan profesiional diri guru tersebut, dalam strategi ini termasuk faktor yang mempengaruhi yaitu latar belakang pendidikan guru sangat menunjang, pengalaman mengajar sangat menunjang, dan sarana serta fasilitas pengembangan di sekolah dikatagorikan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:51
Last Modified: 04 Aug 2015 04:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item