EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada MIN Se-Kabupaten Tapin

Salmiah, Rajebi (2015) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada MIN Se-Kabupaten Tapin. Tesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (534kB) | Preview

ABSTRAK

Salmiah Rajebi, Kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada MIN Se-Kabupaten Tapin, Tesis, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2013, Pembimbing (I) Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd dan (II) Dr. Hj. Salamah, M.Pd Kata Kunci : Kepemimpinan, Iklim Kerja, dan Kinerja Kepemimpinan kepala madrasah merupakan kemudi bagi jalannya lembaga pendidikan. Suatu lembaga pendidikan tanpa pemimpin yang adaptif dan kreatif, bisa mengakibatkan kemunduran suatu lembaga pendidikan. Pemimpin dalam lembaga pendidikan harus dapat memberikan kontribusi terhadap kinerja para gurunya untuk mencapai tujuan bersama. Faktor lain yang juga dapat memberikan kontribusi terhadap kinerja guru adalah iklim kerja guru. Iklim kerja merupakan persepsi guru terhadap apa yang dilihat, dirasakan dan dipikirkan pada lingkungan kerjanya meliputi kondisi lingkungan fisik pekerjaan dan kondisi lingkungan pekerjaan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini: (1) Seberapa besar kontribusi kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada MIN se-Kabupaten Tapin; (2) Seberapa besar kontribusi iklim kerja terhadap kinerja guru pada MIN se-Kabupaten Tapin; dan (3) Seberapa besar kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dan iklim kerja terhadap kinerja guru pada MIN se-Kabupaten Tapin Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru pada MIN se-Kabupaten Tapin yang berjumlah 90 orang. Selanjutnya ditarik sampel dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 47 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket berskala Likert, dan dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Variabel kepemimpinan kepala madrasah (X1) memberikan kontribusi untuk mempengaruhi sebesar 45,3% terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan kategori sedang dan sisanya sebesar 54,7% merupakan pengaruh dari variabel lain; (2) Variabel iklim kerja (X2) memberikan kontribusi cukup besar untuk mempengaruhi sebesar 64,8% terhadap varibael kinerja guru (Y) dengan kategori sedang dan sisanya sebesar 35,2% merupakan pengaruh dari variabel lain; dan (3) Variabel kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan iklim kerja (X2) memberikan kontribusi sebesar 64,9% terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan kategori sedang dan sisanya sebesar 35,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Salmiah Rajebi, Madrasah Principal and Work Climate Contribution to the Teacher Performance at MIN (Islamic Elementary School) Tapin Regency, Thesis. Post Graduate Program at State Institute for Islamic Studies (IAIN) Antasari, 2012. Advisors: (I) Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd and (II) Dr. Hj. Salamah, M.Pd Key Words: Leadership, Work Climate and Performance Madrasah principal leadership is a rein for education institution. Education institution without creative and adaptive leader will lead to deteriorationof it. Leader in education institution must give contribution to teacher performance to reach education purpose. Another factor that give contribution to teacher performance is teacher work climate. Work climate is defined by teacher perception on whatthey see, feel, think on it, include work climate physical condition and working climate condition. From that phenomenon above, the focus of this research are: 1) How much madrasah principal contribution toward teacher performance at Islamic Elementary School at Tapin Regency; 2) How much work climate condition toward teacher performance at Islamic Elementary School at Tapin Regency; and 3) How much do the contribution of madrasah principal leadership and work climate toward teacher performance at Islamic Elementary School at Tapin Regency. This research uses survey method and qualitative approach. The population on this research is 90 teachers or all of the teacher on Islamic Elementary School at Tapin Regency. From all the population, using Slovin formula, the sample is 47 teacher. The technique used to collect data is questionnaire using Likert scale and analized by product moment Based on this research, it can be concluded that: (1) Madrasah principal leadership variable (X1) has contribution to influence on teacher performance variable (Y) for 45,3% that categorized on an average range. The balance of 54,7% is explained by other variables; (2) Work climate (X2) has more contribution for 64,8% on teacher performance variable (Y), also categorized on an average range and the remaining, 35,2% is explained by other variables; and (3) Madrasah principal leadership variable (X1) and work climate (X2) have contribution for 64,9% on teacher performance variable (Y), categorized as average, the balance of 35,1% is explained by other variables which did not included in the this research.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:51
Last Modified: 04 Aug 2015 04:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item