EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara-Negara di Asia Tenggara Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Bawahan Seberang Kabupaten Banjar.

Padli, Rahman (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara-Negara di Asia Tenggara Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Bawahan Seberang Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (471kB) | Preview

ABSTRAK

Padli Rahman. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara-Negara di Asia Tenggara Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Bawahan Seberang Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah . Pembimbing: Dra.HJ. Nurjanah Rianie , M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw T\ujuan penel;itian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan kooperatif Tife jigsaw di kelas VI MIN Bawahan Seberang Kecamatan Mataraman Kabup[aten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelituian ini adalah metode deskriptif kualitatif penel;itian tindakan kelasyang dilaksannakan dalam dua siklus yakni siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan .Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Bawahan Seberang Kecamatan Mataraman Kabupaten Bnjar pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 22 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah arta-rata dalam perolehan nilai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran PKn materi Asia Tenggara menggunkan pendekatan Kooperative jigsaw berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana,pada siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai hanya 63,6 kemudian dilanjutkan dengan pertemuan kedua pada siklus I rata-rata hanya 67,3 kemudian dilanjutkan dengan siklus II pada pertemuan pertama rata-rata menjadi 74,5 dan pada pertemuan kedua rata-rata 76,8 Respon siswa kelas VI MIN Bawahan Seberang kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar dalam ;pembelajaran Kooperative jigsaw sangat baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang baik pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item