EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Strategi Kooperatif Model Student Team Achievement Division ( STAD) Siswa Kelas IV MIN Tajau Pecah Kabupaten Tanah Laut

Mardaniah, Mardaniah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Strategi Kooperatif Model Student Team Achievement Division ( STAD) Siswa Kelas IV MIN Tajau Pecah Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.4.pdf

Download (315kB) | Preview

ABSTRAK

Mardaniah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Strategi Kooperatif Model Student Team Achievement Division ( STAD) Siswa Kelas IV MIN Tajau Pecah Kabupaten Tanah Laut, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs.H.Samdani, M.Fil.I Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat, Strategi Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan bilangan bulat. Kemampuan ini penting dimiliki oleh siswa agar mempunyai keahlian dalam penjumlahan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan media kertas dua warna dengan strategi kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD). Melalui kemampuan mencari pasangan penjumlahan bilangan bulat, siswa dibimbing memiliki kemampuan berhitung, memahami serta memiliki keterampilan dalam penjumlahan bilangan bulat. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa (18 laki-laki dan 8 perempuan). Penelitian berlangsung dalam 2 siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan atau proses pembelajaran selama 4 (2 x 35 menit). Adapun sumber data diperoleh melalui guru, siswa dan teman sejawat dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumenter yang kemudian dianalisis secara deskriftif kualitatif. Setelah dilaksanakan tindakan kelas, penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kertas dua warna dengan strategi kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD) secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan bilangan bulat. Pada siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 5,81, pada pertemuan kedua nilai rata-rata 5,85. Kemudian pada siklus ke II pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 7,19 dan mengalami peningkatan pad pertemuan kedua dengan nilai rat-rata 8,07.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item