EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar

Wardah, Wardah (2015) Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (208kB) | Preview

ABSTRAK

Wardah. 2014 Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar Pembimbing: Dr. Saifuddin Ahmad Husin, M. A. Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Peristiwa Alam, Life Skills Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kretivitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran pengetahuan sosial dimadrasah sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa sangat rendah, baik pada proses maupun produk pembelajarannya. sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut potensial menumbuhkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran. Peningkatan kretivitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, serta kolaboratif dengan menggabungkan stretegi index card match. Pengembangan program didasarkan data- data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas melalui dua tahapan siklus penelitian Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru IPS dan siswa kelas VI MIN.Handil II kecamatan Gambut pada semester II (dua), Tahun pelajaran 2013- 2014 dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki- laki dan 10 orang siswa perempuan. Pada siklus pertama sebagian siswa sudah terbiasa dengan kondisi belajar pendekatan life skills ini, walaupun demikian hasilnya belum maksimal hasil tes pertemuan pertama siklus satu rata-rata 6,90 ini masih belum maksimal. Dilanjutkan siklus kedua, pertemuan pertama hasil tes rata- rata 8,08 pada pertemuan kedua siklus kedua rata-rata 8,12. Hasil ini cukup memuaskan melampui dari standar ketuntasan belajar maksimal yaitu 7,0 yang ditetapkan oleh madrasah, dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama dan kedua ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui pendekatan life skills (kecakapan hidup) siswa kelas VI MIN Handil II berhasil dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item