EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPA kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handil II Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar

Rahimatul, Irnawati (2015) upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPA kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handil II Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (202kB) | Preview

ABSTRAK

Rahimatul Irnawati, 2014. upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPA kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handil II Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Doul Mode System. Pembimbing:(I) Dr,Saifuddin Ahmad Husin, MA Hasil Belajar, Ekspositori Ceramah merupakan metode yang sering digunakan selama ini. Sehingga suasana belajar menjadi monotan dan terkesan kaku. Kecendreungan guru yang lebih mendominasi selama kegiatan belajar mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan berfikir siswa tidak berkembang dan hasil belajar siswa menjadi rendah. PTK dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I, Pertemuan pertama menjelaskan bagaimana model pembelajaran ini akan dilaksanakan dengan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pertemuan kedua memberikan lembar soal yang dibagikan kepada setiap siswa untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada pertemuan kedua ini siswa sudah mulai memahami pembelajaran dengan model ekspositori dan menunjukkan hasil yang memuaskan rata-rata ketuntasan kelas sudah mencapai KKM. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan materi Sumber Energi Dan Kegunaannya dikelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handil II Gambut dimana pada siklus I pertemuan pertama dengan skor 76%, menjadi 81% pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 87%, menjadi 100% pada pertemuan kedua. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Dengan demikian Aktivitas guru pada pembelajaran tergolong katagori baik sekali. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dikelas II semakin meningkat pada setiap pertemuan dimana pada siklus I pertemuan pertama mencapai 58%, pertemuan kedua mencapai 71%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 79% dan pertemuan kedua mencapai 95%. Dengan demikian Aktivitas siswa ada peningkatan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan materi Sumber Energi Dan Kegunaannya dikelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handil II Gambut. Dimana pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata 70,55 dan ketuntasan klasikal 83%, pertemuan kedua dengan rata-rata 73,33 dan ketuntasan klasikal 88%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 75,55 dengan ketuntasan klasikal 94% dan pertemuan kedua dengan rata-rata 78,88 dan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan teori peningkatan model pembelajaran ekspositori dinyatakan telah berhasil.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item