EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V MI NU Sei Tabudarat Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Supinah, Supinah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V MI NU Sei Tabudarat Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (540kB) | Preview

ABSTRAK

Supinah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V MI NU Sei Tabudarat Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi PTK. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah. Pembimbing: Drs.Suryagiri, M.Pd. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan masih sangat rendah, hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dengan kegiatan seni melipat dan menggunting kertas yang diharapkan agar hasil belajar siswa lebih meningkat. Diketahui, bahwa siswa kelas V MI NU Sei Tabudarat masih belum bisa menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan benar, sehingga guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dengan kegiatan seni melipat dan menggunting kertas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dengan kegiatan seni melipat dan menggunting kertas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Sei Tabudarat yang berjumlah 15 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes lisan, observasi, wawancara, diskusi dan angket. Dalam analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dengan kegiatan seni melipat dan menggunting kertas sudah bisa di atasi, terlihat dari hasil belajar dari siklus III yang hasilnya lebih baik dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh guru yang pandai memilih metode dan kegiatan guru dalam pembelajaran dengan persentase yang baik. Di samping itu, aktivitas siswa dan gairah siswa dalam pembelajaran juga mempengaruhi terhadap meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item