EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Konsep Kebebasan Berorganisasi Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Siswa Kelas V MIN Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Saniah, Saniah (2015) Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Konsep Kebebasan Berorganisasi Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Siswa Kelas V MIN Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Saniah. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Konsep Kebebasan Berorganisasi Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Siswa Kelas V MIN Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi (PTK), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Pendidikan Guru Non PGMI Program Peningkatan Kualifikasi Guru melalui Dual Mode System IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Suriagiri, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, PKn Konsep Kebebasan Berorganisasi, STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn konsep kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V MIN Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Walatung tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 15 orang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru dalam mengajarkan PKn konsep beroranisasi melalui pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan pertama hanya mencapai rata-rata 72% (kategori baik/aktif), kemudian pada siklus II meningkat lagi mencapai 97% dengan kategori baik sekali atau aktif sekali. Aktivitas belajar siswa kelas V MIN Walatung melalui pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) juga mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu pada siklus I pertemuan pertama hanya 54,8%, (kategori cukup) meningkat lagi mencapai 95,9% (kategori baik sekali/aktif sekali). Sedangkan observasi kegiatan kerja kelompok siswa dimana keempat kelompok pada siklus I kategori baik dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik. Pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) dapat mengupayakan peningkatan hasil belajar PKn konsep kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V MIN Walatung, pada siklus I nilai rata-rata 62,7 (27% tuntas secara klasikal) dan meningkat memperoleh nilai rata-rata 72 (47% tuntas secara klasikal) dan nilai rata-rata 72 (60% tuntas secara individual), siklus II nilai 76,7 (73% tuntas klasikal) dan mencapai nilai 82 (100% tuntas klasikal) dan hasil belajar pada tes akhir siklus II secara individual 85 (100% tuntas secara individual).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item