EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bangkal 1 Kecamatan Halong Kabupaten Balangan”

NISPAWATI, NISPAWATI (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bangkal 1 Kecamatan Halong Kabupaten Balangan”. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview

ABSTRAK

NISPAWATI. 2014.” Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bangkal 1 Kecamatan Halong Kabupaten Balangan”. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Institut Agama Islam Negeri Antasari Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program S1 Kedua Melalui Dual Mode System Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Kata-kata kunci : kemampuan berbicara, Bahasa Indonesia, Metode Drill Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan afektif, kognitif dan psikomotor maka perlunya pembaharuan dan inovasi pembelajaran yang dilakukan sebagai usaha untuk merespons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Terkait dengan pembelajaran di MIN Bangkal 1 Kecamatan Halong Kabupaten Balangan yang masih ada sebagian siswa menganggap mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang dianggap sulit, dan banyak hapalan, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mempelajarinya. Hal ini disebabkan aktivitas guru saat mengajar yang sangat dominan yaitu lebih banyak dengan penggunaan metode ceramah sehingga siswa pasif dan hanya mendengarkan atau memperhatikan penjelasan dari guru saja. Siswa belum dibiasakan dengan metode drill. Oleh karena itu perlu dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode drill. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas ini yang menerapkan metode drill. Setting penelitian di kelas VI MIN Bangkal 1 Kecamatan Halong dengan jumlah siswa 10 orang. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Skenario tindakan dilaksanakan 2 siklus dengan dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan evaluasi berupa tes praktek berbicara, lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang didistribusikan melalui tabel, kemudian difrekuensikan, dan dipersentasekan serta diinterpretasikan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan metode drill. Data hasil tindakan siklus I hasil kegiatan pembelajaran siswa sebesar 68. Aktivitas siswa 64 dan kemampuan berbicara bahasa Indonesia 66. Data hasil tindakan siklus 2 hasil kegiatan pembelajaran 92. Aktivitas siswa 94 dan kemampuan berbicara bahasa Indonesia 93. Berdasarkan temuan ini maka disimpulkan bahwa pembelajaran metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI MIN Bangkal 1 sehingga hipotesis diyatakan diterima. Disarankan agar para pendidik dapat melaksanakan metode Drill yang lebih menempatkan siswa sebagai subjek didik, jadi mereka lebih aktif, kreatif dan inovatif. Metode drill dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran khususnya pada Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:50
Last Modified: 04 Aug 2015 04:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item