EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu

Niswatun, Annisa (2015) Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (196kB) | Preview

ABSTRAK

Niswatun Annisa.2015. Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu.Skripsi, JurusanPendidikanGuru Madrasah Ibtidaiyah, FakultasTarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ani Cahyadi Maseri, M. Pd. Kata kunci: Perbedaan, kemandirian belajar, bimbingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu, serta untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu dan sampel penelitian semua siswa kelas IV dan V. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sample/sampelbertujuan, dimana hanya kelas IV dan kelas V saja yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahangket,observasi, dokumentasi dan wawancara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dilihat dari nilai rata-rata skor angket adalah 24,11, berada pada kualifikasi sedang. Sedangkan kemandirian belajar siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dilihat dari nilai rata-rata skor angket adalah 27,34, berada pada kualifikasi sedang. Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji mann whitneyatau uji udiketahui nilai Sig. 0,027< 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ujiu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu. Tingkat kemandirian dari aspek kemandirian emosi dan aspek kemandirian bertindak menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori baik, sedangkan dilihat dari aspek kemandirian nilai termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:49
Last Modified: 04 Aug 2015 04:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item