EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Tokoh Pejuang pada Zaman Belanda dan Jepang, Melalui Strategi Picture And Picture Kelas VSemester II MIN Sungai Durait Tengah Kecamatan BabirikKabupaten Hulu Sungai Utara

Wahidinnor, Wahidinnor (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Tokoh Pejuang pada Zaman Belanda dan Jepang, Melalui Strategi Picture And Picture Kelas VSemester II MIN Sungai Durait Tengah Kecamatan BabirikKabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (174kB) | Preview

ABSTRAK

Wahidinnor, 2014.Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Tokoh Pejuang pada Zaman Belanda dan Jepang, Melalui Strategi Picture And Picture Kelas VSemester II MIN Sungai Durait Tengah Kecamatan BabirikKabupaten Hulu Sungai Utara.Skripsi FakultasTarbiyahUniversitas Iain Antasari Banjarmasin Program Dual Mode System S1 PGMI. Dosen Pembimbing Drs.H.Murhan Zuhri,M.Ag. Kata Kunci : HasilBelajar, Model Picture And Picture. LatarbelakangadalahrendahnyatingkatkeberhasilanbelajarsiswatentangTokoh Pejuang Zaman Belanda dan Jepang.RumusanMasalah “Apakahdengan model pembelajaranModel Picture And Picturedapat meningkatkanhasilbelajartentang Tokoh Pejuang Zaman Belanda Jepang pada pembelajaran IPSsiswakelasV MIN Sungai Durait Tengah KecamatanBabirikKabupatenHulu Sungai Utara?”. Berdasarkan pernyataan di atas, maka dipilihlah sebuah metode pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Picture And Picture yang akan membantu siswa mengingat informasi tentang Tokoh Pejuang Zaman Belanda dan Jepang dengan baik. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar tentang Tokoh Pejuang Zaman Belanda dan Jepang pada pembelajaran IPS kelasV MIN Sungai Durait Tengah Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dilaksanakan di KelasV MIN Sungai Durait Tengah Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jumlah siswa sebanyak 18 orang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi kegiatan guru, observas isiswa, dan tes hasil belajar.Analisa data yang digunakana dalah interprestasi berdasarkan tehnik penghitungan distribusi frekuensi dengan pembahasan berdasarkan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Picture And Picture memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memahami Tokoh Pejuang Zaman Belanda dan Jepang yang tepat dan benar. Tindakan kelas secara bertahap dan hasil tes belajar siswa yang meningkatkan secara signifikan dalam 2 siklus mampu membawa siswa untuk mencapai standar ketuntasan belajar yang termuat dalam kreteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkantemuan di atas, disarankan (1) KepadaGuru kelas disarankan untuk dapat menggunakan langkah-langkah yang mampu untuk memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep abstrak, melalui penggunaan model picture and picture dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan dalam menyelesaikan tugas belajarnya.(2) Kepada siswa, disarankan agar dapat melatih diri dalam menggunakan berbagai media belajar dan sumber belajarnya yang relevan, yang terdapat disekitar siswa sehingga pemahaman pada materi Tokoh Pejuang Zaman Belanda dan Jepang dapat dikuasai secara maksimal.(3) Kepada Kepala Sekolah, disarankan penemuan ini baik untuk membantu teman-teman yang lain dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran disekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:48
Last Modified: 04 Aug 2015 04:48
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item