EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penggunaan Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Banjarbaru 7 Tahun Pelajaran 2013/2014

Muhammad NurIhsan, Fuadhi Rahman (2015) Penggunaan Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Banjarbaru 7 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (213kB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad NurIhsan Fuadhi Rahman.2014. Penggunaan Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Banjarbaru 7 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M.Si. Materi pecahan secar ateoritis merupakan topik yang lebih sulit bila dibandingkan dengan materi bilangan bulat. Selain materinya memang sulit, dalam menyajikan materi guru jaran gmenggunakan media-media yang dapat menarik minat siswa terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan matematika dengan anak, diantaranya melakukan suatu pembelajaran dengan menggunakan kartu domino.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kartu domino pada pembelajaran matematika materi pecahan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan kartu domino siswa kelas IVA SDN Banjarbaru Utara 7 tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif denganan alisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru yang mengajar matematika di kelas IVA dan seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kartu domino yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu domino pada pembelajaran matematika materi pecahan guru membagi siswa yang berjumlah 34 siswa menjadi 9 kelompok yang terdiri 3-4 siswa, setiap kelompok mendapatkan satu set kartu domino, guru menjelaskan tatacara bermain kartu domino, guru memberikan waktu lamanya permainan selama 15 menit, setiap kelompok yang menyelesaikan satu kali permainan untuk melapor kepada guru, permainan dimulai dengan salah seorang anggota kelompok mengocok kartu domino dan membagi merata kepada anggota kelompoknya, pemain yang mendapatkan kartu bertuliskan START untuk meletakkan kartu, di atas tulisan START ada 5/8, maka pemain mencari pecahan 5/8 yang berbentuk gambar, kemudian begitu seterusnya hingga sampai pada kartu terakhir yang bertuliskan FINISH,kemudian pemberian penghargaan oleh guru kepada kelompok 8 sebagai juara 1, kelompok 3 sebagai juara 2, kelompok 2 sebagai juara 3, dan kelompok 4 sebagai juara 4. Kemudian guru melakukan post test berupa tugas individu dan hasil belajar siswa mencapai 73,53 dengan kategori baik. Respon siswa kelas IVA Banjarbaru Utara 7 terhadap pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan kartu domino mencapai 87,94% dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:49
Last Modified: 04 Aug 2015 04:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item