EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin

Muhammad, Nasrullah (2015) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab 1_M.Nasrullah.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4_M.Nasrullah.pdf

Download (507kB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Nasrullah. 2015. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Ahmad Husaini HA, M.Fil.I Kata Kunci: Kosakata Bahasa Arab, Media Flash Card Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media flash card pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin dan bagaimana aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan yang diteliti. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin yang berjumlah 20 orang, sedangkan objeknya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media flash card. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media flash card pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik (89,47%). (2) Aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran menggunakan media flash card di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai katagori aktif (85,83%). (3) Hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media flash card pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Kelayan Banjarmasin menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 55,1 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 60,5 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 67,3 masih dibawah indikator ketuntasan belajar meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 71,87 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (70,00).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:49
Last Modified: 04 Aug 2015 04:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item