EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pembelajaran Pada SDIT Al-Furqan Palangka Raya dan SDN 4 Menteng Palangka Raya Kalimantan Tengah (Studi Pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Matematika)

Muhammad, Rasyidi (2015) Manajemen Pembelajaran Pada SDIT Al-Furqan Palangka Raya dan SDN 4 Menteng Palangka Raya Kalimantan Tengah (Studi Pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Matematika). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I - VI.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Rasyidi, 2014, Manajemen Pembelajaran Pada SDIT Al-Furqan Palangka Raya dan SDN 4 Menteng Palangka Raya Kalimantan Tengah (Studi Pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Matematika), di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag. dan II: Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed. Tesis, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, (2014). Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, SDIT Al-Furqan, SDN 4 Menteng Palangka Raya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan sekolah yang sekarang ini sedang menghadapi berbagai tuntutan. Diantara tuntutan tersebut adalah tentang peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia. Sebab, keberhasilan suatu lembaga pendidikan berhubungan dengan manajemen yang diterapkan, sebagai pemaknaan yang universal dari seni dan ilmu dalam melaksanakan fungsi perencanaan, pengendalian, pengawasan, personalia, dan profesionalitas. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh adanya manajemen pembelajaran yang baik agar tujuan yang diharapakan dapat tercapai. Untuk mewujudkan keinginan tersebut bukan hal yang mudah, peran kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan para guru sangat dituntut untuk mengembangkan potensi, kreatifitas dan inisiatif yang ada pada diri mererka untuk mengatasi dan menciptakan pendidikan bermutu dengan cara menerapkan manajemen pembelajaran yang ada dengan pengelolaan pembelajaran untuk memperkirakan tingkat pencapaian yang dapat diterima dan dipahami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan lebih dalam tentang manajemen pembelajaran di SDIT Al-Furqan Palangka Raya dan SDN 4 Menteng Palangka Raya, khususnya aktivitas pembelajaran guru PAI dan guru matematika kelas VI di kedua sekolah tersebut yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pengevaluasian pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan secara teoritis berguna untuk perbaikan dan pengembangan pengelolaan pembelajaran. Secara praktis, menjadi masukan sekaligus motivasi bagi tenaga kependidikan, terutama bagi guru agar dapat menerapkan keterampilan mengajar secara lebih baik, serta peningkatan kualitas lulusan yang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan lingkup penelitian yaitu proses manajemen pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SDIT Al-Furqan Palangka Raya dan SDN 4 Menteng Palangka Raya. Data diambil dari hasil penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru kelas VI yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan yang mengajar mata pelajaran matematika pada SDIT Al-Furqan dan SDN 4 Menteng Palangka Raya yang menjadi subyek penelitian, serta kepala madrasah dan seluruh staf Tata Usaha serta dokumentasi yang ada pada kedua sekolah tersebut yang dijadikan informan. Sedangkan objek penelitiannya adalah manajemen pembelajaran baik dalam hal merencanakan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dari berbagai sumber, observasi, dan studi dokumenter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran di SDIT Al-Furqan dan SDN 4 Menteng Palangka Raya khususnya pada guru PAI dan guru matematika kelas VI telah menerapkan proses manajemen pembelajaran modern yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dengan baik, yang merupakan kekuatan dalam organisasi. Meskipun kadang-kadang baik guru PAI dan guru matematika kelas VI di SDIT Al-Furqan ada yang masih belum sepenuhnya melaksanakan perencanaan yang telah dibuat secara optimal, demikian juga dengan guru PAI dan guru matematika kelas VI di SDN 4 Menteng juga masih belum sepenuhnya melaksanakan perencanaan secara optimal. Namun hal demikian tidak mengurangi jalannya proses pembelajaran di kelas. Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dan guru matematika kelas VI baik di SDIT Al-Furqan maupun SDN 4 Menteng mengacu pada instruksi yang diberikan oleh kepala sekolah sehingga tidak terdapat kendala yang berarti dalam proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan pembelajaran oleh guru PAI dan matematika baik itu di SDIT Al-Furqan maupun SDN 4 Menteng masih berorientasi pada guru, dalam arti guru lebih banyak menumpahkan pengetahuannya kepada siswa dan menggerakkan aktivitas siswa agar lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan tahap evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di SDIT Al-Furqan dan SDN 4 Menteng Palangka Raya berbentuk tes formatif, subsumatif, dan sumatif dengan instrument berbentuk tes objektif, esay dan tes perbuatan. Sedangkan evaluasi yang digunakan oleh guru matematika baik yang di SDIT Al-Furqan maupun SDN 4 Menteng berbentuk tes formatif, subsumatif, dan sumatif dengan instrument berbentuk tes objektif dan esay. Sedangkan aspek penilaian terhadap perilaku siswa meliputi: aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:12
Last Modified: 06 Aug 2015 05:12
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item