EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REWARD AND PUNISHMENT PADA MATERI LATIHAN PENGEMBANGAN TUBUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN JASMANI KELAS V MI DARUL ULUM TELUK TIRAM KECAMATAN BANJARMASIN BARAT

Ahmad, Muammar (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REWARD AND PUNISHMENT PADA MATERI LATIHAN PENGEMBANGAN TUBUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN JASMANI KELAS V MI DARUL ULUM TELUK TIRAM KECAMATAN BANJARMASIN BARAT. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurang semangat saat pelajaran teori penjaskes karna lebih menyukai praktek di lapangan membuat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Melalui penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi latihan pengembangan tubuh di kelas V MI Darul Ulum Teluk Tiram sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran penjaskes. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment dalam materi latihan pengembangan tubuh pada siswa kelas V MI Darul Ulum Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran penjaskes dan siswa kelas V MI Darul Ulum Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, angket dan data hasil dokumentasi. Setelah pembelajaran dilaksanakan diperoleh hasil penelitian bahwa dengan penerapan metode Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi latihan pengembangan tubuh di kelas V MI Darul Ulum Teluk Tiram sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran penjaskes. Peningkatan itu dapat terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 59,7, siswa yang menuntaskan pembelajaran 66,7% dan tidak tuntas 33,3%. Siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata 67,3, siswa yang menuntaskan pembelajaran 80% dan tidak tuntas 20%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata 76,7 yang menuntaskan pembelajaran 93,3% yang tidak tuntas 6,7% dan meningkat pada pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 88,3 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian penelitian dapat dikatakan berhasil karena kegiatan pembelajaran guru, aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan serta memenuhi standar ketuntasan minimal 7,00 berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi latihan pengembangan tubuh pada kelas V MI Darul Ulum Teluk Tiram sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran penjaskes.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:19
Last Modified: 09 Jul 2015 01:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item