EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

KORELASI MULTIPLE INTELLIGENCE TIPE LOGIS MATEMATIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN DI KOTA KANDANGAN

Ahmad, Abdan Matin (2015) KORELASI MULTIPLE INTELLIGENCE TIPE LOGIS MATEMATIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN DI KOTA KANDANGAN. Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview

ABSTRAK

Pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya menekankan pada aspek logika dan kemampuan angka. Padahal kemampuan logika dan mengenal pola angka dimiliki oleh setiap siswa walaupun ukuran kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda. Dengan adanya kecerdasan logika matematis maka siswa dapat dengan mudah mempelajari pelajaran matematika khususnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika adalah faktor intelligensi. Banyak yang mengatakan bahwa seseorang dapat dikatakan cerdas apabila memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi. Selama ini orang-orang hanya terpaku dengan teori IQ dan EQ dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan, lalu belakangan Howard Gardner mendefinisikan bentuk kecerdasan ganda atau (Multiple Intelligences). Dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan adalah kemampuan kecerdasan logis matematis siswa, karena antara pembelajaran dan kemampuan berfikir logis, mempunyai keterkaitan dalam menyelesaikan soal matematika yang menekankan pada aspek logika. Salah satu alternatif untuk mencari hubungan antara kemampuan kecerdasan logis matematis dengan pembelajaran matematika adalah dengan melakukan tes kemampuan kecerdasan logis matematis kemudian mencari hubungannya dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti hubungan antara kemampuan Multiple Intelligences tipe logis matematis dengan pretasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan pearson product moment dengan menggunakan program software SPSS versi 19.0. Berdasarkan hasil analisis data uji korelasi untuk SMAN 1 Kandangan kelas X IPA 1 menghasilkan rxy = 0,241, kelas X IPS 2 menghasilkan rxy = -0,288, sedangkan untuk SMAN 2 kelas X IPA 1 menghasilkan rxy = 0,231 dengan masing-masing nilai signifikansi > 0,05. Hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Multiple Intelligences tipe logis matematis dengan pretasi belajar matematika siswa, sedangkan untuk kelas X IPS 2 SMAN 2 Kandangan menghasilkan rxy = 0,752 dan keseluruhan sampel SMAN 3 Kandangan karena mempunyai perlakuan yang sama menghasilkan rxy = 0,303 dengan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Multiple Intelligences tipe logis matematis dengan pretasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:36
Last Modified: 25 Jun 2015 02:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item